Penginapan: Hilton Bandung Hotel

Ini kali kedua kami menginap di Hilton Bandung, bukan karena kami pecinta Hilton Hotels, tapi karena ranjang di Hilton Bandung ini ukurannya sangat royal sekali: dua queen beds!

Lobby hotel.

Lobby hotel yang terang dan memiliki high ceiling.

Sebenarnya saya ingin sekali mencoba menginap di Padma Hotel yang tersohor itu. Bagi kami sekeluarga yang masih bertiga, dan DM yang masih berusia tiga tahun, satu ranjang queen bed sebenarnya cukup (walau agak sempit), tapi bagi keluarga kakak ipar saya yang punya dua anak usia enam dan delapan tahun, tentulah mereka memilih menginap di Hilton, karena tidak perlu menambah extra bed lagi.

Seperti pengalaman menginap kami sebelumnya di Hilton Bandung dua tahun yang lalu, kami sangat puas menghabiskan dua malam di hotel ini.

Ukuran kamar Deluxe besar, 45m2, DM dan kedua sepupunya sukses bermain petak umpet di dalam kamar. Kamar bersih (penting ini!), dengan desain minimalis. Furniture sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan jika dibandingkan dua tahun yang lalu, terdapat bocel-bocel di beberapa tempat, dan karpet perlu dicuci karena terlihat kumal.

hilton7

hilton6

Fasilitas yang tersedia di dalam kamar juga sangat lengkap. Di dalam lemari terdapat meja setrika dan setrika, robe, brankas, senter, dan sandal hotel. Tersedia berbagai pilihan soft drinks di dalam kulkas, yang tentu saja tidak kami utak-atik, teh dan kopi diisi ulang setiap pagi.

hilton5

hilton4

Seperti yang sudah saya tulis di atas, terdapat dua ranjang berukuran queen, masing-masing dilengkapi dengan empat buah bantal empuk, jadi tidak perlu meminta tambahan bantal lagi, dan selimut tebal yang nyaman. Tingkat keempukan kasur dan bantal pas, dan seprei tidak kumal. Tak ada keluhan sama sekali soal kualitas tidur, kami dapat tidur dengan nyenyak selama dua malam.

AC di kamar sangat-sangat dingin, kami bahkan harus mematikan AC pada dini hari agar tidak terlalu kedinginan.

Kamar mandi berukuran luas, dengan bilik-bilik khusus untuk shower dan toilet. Sayang tidak ada bathtub untuk kamar Deluxe. Seperti standar hotel masa kini, kamar mandi memiliki jendela see-through yang dapat ditutup dengan tirai otomatis.

hilton2

hilton3

hilton1

Sarapan pagi di Purnawarman Restaurant sangat memuaskan, variasi makanannya sangat lengkap: Indonesian selection, western selection, cold cuts, salad & fruits selection, bread & pastry, cereals & hot bread, noodle station, egg station.

Tersedia juga sebuah gerobak kecil khusus untuk menu anak-anak, yang berisi sereal, fruits satay, dan beberapa pilihan hidangan yang disukai anak-anak seperti sosis, pasta, bread pudding, dll. Di gerobak ini juga tersedia peralatan makan untuk anak-anak alias yang tidak bisa pecah. Sayang sekali piring dan mangkok yang tersedia dalam keadaan kotor! Mungkin karena dicuci dengan menggunakan dishwasher, jadi tidak bersih. Di hari kedua pun juga sama, mangkok dan piring anak-anak tersebut kotor. Tentu saja saya jadi ilfeel dan tidak menggunakan peralatan makanan tersebut untuk DM.

Di pagi hari saya dan DM memang tidak bisa makan terlalu banyak. Biasanya saya hanya makan salad dan beberapa potong roti atau sereal, itu sudah sangat cukup buat saya. DM malah hanya minum susu dan makan sereal saja di pagi hari. Jadi kami tidak mencoba masakan-masakan lainnya. Saya hanya sempat mencicipi nasi goreng (rasanya standar), kwetiau goreng dan mie goreng (rasanya enak) sedikit.

Bagian pastry adalah favorit saya, karena enak-enak semua! Sayang saya tidak bisa makan terlalu banyak di pagi hari, jadi hanya bisa mencicipi sedikit-sedikit.

Yang saya suka dari Purnawarman Restaurant ini adalah non-smoking area dan smoking area benar-benar dipisah, smoking area berada di luar gedung.  Kudos untuk Hilton Bandung yang memperhatikan kenyamanan setiap tamu. Saya memang sangat peduli sekali dengan pemisahan smoking area dan non-smoking area ini. Pemisahan saja tanpa didukung dengan sekat tertutup tidak menjadikannya smoking area dan non-smoking area, karena asap rokok masih dapat tercium di seluruh penjuru ruangan.

hilton13

hilton18

hilton19

Delicious pastry.

Fruits.

Gerobak Little Hilton.

Sarapan saya hari pertama.

Tentu saja menginap di hotel belum lengkap tanpa menyempatkan diri untuk berenang, khususnya jika membawa anak-anak. Jadi di hari terakhir, sebelum kami check-out, anak-anak bermain air di kolam renang. Sayangnya air di kolam renang Hilton Bandung ini sangat dingin, mungkin karena berada di lantai lima dengan intensitas angin yang cukup besar. Anak-anak jadi tidak bisa berlama-lama bermain air, karena mereka keburu kedinginan. TIdak ada children’s swimming pool di Hilton Bandung, tetapi di sisi kolam renang terdapat bank yang tidak dalam.

hilton8

hilton9

Di dekat kolam renang terdapat gym (yang tidak saya coba, karena saya bukan gym enthusiast), dan Kids Club. Pada malam kedua, ketika kami memutuskan untuk tidak keluar makan, saya menyarankan anak-anak untuk bermain di Kids Club, tapi sayang Kids Club sudah tutup malam itu (sekitar jam delapan malam). Keesokan paginya ketika anak-anak sedang berenang, saya sempat mengintip aktivitas Kids Club. Tampak beberapa anak sedang menonton film. Ada petugas yang memandu kegiatan Kids Club ini, jadi orang tua bisa menitipkan anak mereka di Kids Club.

Kids Club.

Dari segi lokasi, Hilton Bandung terletak di tengah kota, sehingga tidak memiliki pemandangan yang fantastis. Jangan harap bisa menikmati pemandangan lembah ijo royo-royo layaknya Padma Hotel, pemandangan seperti inilah yang akan Anda lihat dari jendela kamar:

Pemandangan dari kamar 805.

Pemandangan dari kamar 805. Nggak menarik ya?

Hilton Bandung Hotel terletak di dekat Stasiun Kota Bandung, jadi jika Anda datang ke Bandung dengan menaiki kereta api, Hilton sangat ideal sekali. Saking dekatnya beberapa kali akan terdengar suara laju kereta api.

Di sekitar hotel juga terdapat banyak restoran dan minimarket. Malam pertama kami makan malam di Paskal Food Market yang terletak persis di sebelah Hilton Bandung. Di malam kedua karena kami semua sudah sangat lelah setelah seharian bermain di Dusun Bambu, kami memesan Chinese Food dari restoran di seberang jalan, yang diantar ke lobby, kami pun makan di dalam kamar hotel dengan nikmatnya.

Until next time Hilton Bandung!

Hilton Bandung Hotel
Jl. HOS Tjokroaminoto No. 41-43
Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia
Advertisements

3 thoughts on “Penginapan: Hilton Bandung Hotel

1. bonnitakristanti says:

wah bagus ya hotelnya.. kmrn udah sempet liat di mamipapa sih, jadi kepingin nginep sini juga.
    btw ini ga ada tea time ato yoga2 kayak di Padma ya?
    Aku dulu nginep di Padma pas acara kantor, bagus memang kamarnya, tapi gak sempet muter2 area situ… dulu gak even tau kalo itu hotel keren tersohor (dodol banget)