8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Balita di Dusun Bambu

Salah satu kegiatan kami di Bandung pada libur Lebaran lalu adalah mengunjungi salah satu family leisure park yang berada di daerah Lembang.

Pilihan jatuh ke Dusun Bambu karena ipar saya belum pernah ke Dusun Bambu. Kami sekeluarga malah belum pernah ke tempat wisata hits lainnya di Bandung, karena memang sudah lama sekali tidak main-main ke Bandung, jadi ya kami ikut saja ketika diajak ke Dusun Bambu.

Berikut adalah aktivitas-aktivitas yang sempat kami lakukan bersama DM (umur 3 tahun) di Dusun Bambu, yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang memiliki anak balita:

  1. Playground
    Begitu memasuki area Dusun Bambu, salah satu atraksi yang langsung menggoda anak adalah sebuah playground besar yang berada di sisi bangunan utama. DM tidak sempat bermain di playground ini, sehingga saya tidak tahu berapa biaya untuk bermain di playground ini.

    DB11

    Playground di sebelah food court Lutung Kasarung.

    Playground di sebelah food court Lutung Kasarung.

  2. Hike Trail‘ di Perkebunan Bunga
    Oke ini bukan benar-benar pendakian, karena memang tidak luas, tapi jalanan di perkebunan bunga di Dusun Bambu ini cukup menanjak, dan cukup menantang bagi balita. Anak-anak senang sekali berlari-larian di bukit-bukit kecil. Matahari yang bersinar terik pun tak jadi soal, tinggal pakai topi dan sunblock saja. Bagi orangtua yang mendampingi, apa tak tergoda untuk bernarsis ria di antara hamparan bunga berwarna-warni?

    DB6

    DB8

  3. Bermain Air di Sungai-Sungaian
    Beginilah jadinya kalau anak kota masuk dusun dan ketemu dengan sungai. Biar kata ini hanya sungai jadi-jadian, tapi DM sangat senang sekali melompat dari satu batu ke batu yang lainnya (yang membuat jantung saya berdebar lebih kencang), dinginnya air menambah seru acara ciprat-cipratan siang itu.
  4. Naik Choo-Choo Train
    Tidak ada yang spesial dengan Choo-Choo Train ini, karena sama saja dengan Choo-Choo Train yang ada di pusat perbelanjaan di ibukota. Sungguh pintar memang Dusun Bambu ini menghadirkan wahana yang hampir pasti akan diminta oleh balita. Tinggal orangtuanya saja yang harus siap-siap mengeluarkan uang sebesar IDR30.000 untuk proyek sayang anak.
  5. Memberi Makan Hewan Ternak di Little Farm
    Anak-anak dan binatang. Need I say more? Cukup dengan membeli paket pakan ternak seharga IDR20.000, anak-anak bisa pura-pura menjadi peternak. Kalau berani, anak-anak bisa masuk ke kandang hewan dan berinteraksi langsung dengan hewan tersebut.

    DB5

    DB7

  6. Bermain dengan Kelinci Lucu
    Hewan yang satu ini memang menggemaskan. Bulunya halus dan lembut, bentuknya bulat dan gemuk membuat siapa saja ingin menggendong dan memeluknya. Tapi tak semudah itu lho menggendong kelinci, apalagi yang sudah besar, karena mereka bisa berontak. Untuk bermain dan memberi makan kelinci Anda hanya perlu membeli sekeranjang wortel seharga IDR15.000.

    DB4

  7. Memancing Ikan
    Kegiatan yang satu ini bagus untuk melatih eye hand coordination anak-anak balita. Dengan membayar IDR15.000 anak-anak dapat memancing ikan sampai puas dan membawa pulang empat ekor ikan. Sisi negatifnya adalah ikan-ikan di kolam tersebut jadi pada mabok karena kebanyakan diobok-obok oleh anak-anak, dan tak jarang menjadi sekarat. Waktu itu akhirnya kami melepas ikan-ikan yang berhasil ditangkap DM ke sungai jadi-jadian.

    DB3

  8. Melatih Otak Kanan dengan Berkreasi
    Aktivitas ini sangat cocok untuk unwind setelah berbagai aktivitas penuh stimulasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Ada pilihan mengecat celengan yang terbuat dari tanah liat, atau berkreasi dengan tanah liat. DM memilih untuk mengecat sebuah dinosaurus, karena terinspirasi oleh George adiknya Peppa Pig. Kami harus merogoh kocek sebesar IDR65.000 untuk aktivitas ini.

    DB2

    DB1

Bagi anak yang lebih besar terdapat juga aktivitas lain yang lebih menantang seperti archery, shooting range, dll. Sedangkan untuk urusan perut, Dusun Bambu memiliki Cafe Burangrang dengan pemandangan yang menyejukkan hati, dan Lutung Kasarung, yang merupakan food court dengan berbagai macam pilihan makanan.

Walaupun aktivitas-aktivitas di atas cukup menguras dompet, tapi terus terang saya sangat rela, karena toh kalau bermain di pusat perbelanjaan di Jakarta saya juga harus menyiapkan budget yang kurang lebih sama besar. Saya malah lebih rela mengeluarkan uang untuk aktivitas di luar ruangan seperti ini daripada anak saya bermain di dalam ruangan terus-menerus. Bersentuhan dengan alam dan dicium oleh sinar matahari bagi saya tidak bisa dinilai dengan uang.

Dusun Bambu
Jl. Kolonel Masturi KM. 11
Situ Lembang – Bandung Barat
HTM: IDR10.000

Advertisements

One thought on “8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Balita di Dusun Bambu

  1. tesyasblog says:

    Tambah donk satu hal yang bisa dilakukan di Dusun Bambu, yaitu camping 🙂

    Ya ampun itu sekarang playground nya bayar ya? Aku kesana sih belum bayar, tapi cuman ada swing kalo waktu itu sih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s